Rasa sakit merupakan suatu hal yang paling ingin di hindari oleh kebanyakan orang. Sebuah studi menunjukan bahwa menahan napas dapat meringankan rasa sakit dari cedera. Namun cara ini hanya bekerja sementara. Jadi ini lah cara mudah dan berdasarkan pengetahuan ilmiah tentang menghilangkan rasa sakit ketika anda mengalami cidera oleh palu, laci atau pintu.

1.       Menghirup parfum 
Aroma parfum sering membuat kita merasa nyaman, dan membuat kita dalam damai. Parfum merupakan wewangian yang memiliki bau harum yang biasa digunakan untuk menghilangkan bau badan. Parfum memiliki beragam aroma seperti wangi bunga, buah bahkan makanan. Aroma wangi membuat orang merasa terhibur.  Dalam sebuah penelitian tahun 2002, relawan perempuan memiliki tangan mereka terendam air menyakitkan panas, dan melaporkan sedikit rasa sakit saat terkena aroma menyenangkan, seperti bunga atau almond. Ketika diminta untuk mengendus cuka, namun, rasa sakit perempuan memburuk. Namun efeknya tampaknya tidak bekerja pada relawan laki-laki.
2.       Memakilah seperti pelaut
Apakah yang anda lakukan ketika kaki anda tertusuk paku? Jika yang anda lakukan adalah bersumpah serapah, itu bukanlah hal yang terlalu buruk. Menurut penelitian oleh tim di Keele University, Inggris. Orang mampu menangani rasa sakit mereka sambil merendam luka pada air es dengan memaki, mungkin karena bahasa yang buruk memicu respons hormonal yang mengurangi rasa sakit. Namun tampaknya hal ini hanya berlaku ketika anda jarang bersumpah serapah. Lakukan lah saat anda mengalami sakit yang sangat menyakitkan saja.
3.       Lihatlah gambar yang menarik
Anda penggemar Picasso? Penggemar berat boticelli? Atau anda penggila anime? Atau suka gambar boyband korea?  Sebuah tim peneliti di University of Bari di Italia menemukan bahwa orang yang diperlihatkan gambar yang menarik perhatian mereka akan mengurangi rasa sakit mereka rasakan ketika laser membakar tangan mereka, dan tampaknya mengurangi aktivitas di daerah otak yang biasanya memproses rasa nyeri.
4.       Menyilangkan tangan
Gerakan sederhana seperti menyilangkan kedua lengan kita ternyata  mampu mengurangi rasa sakit yang kita rasakan. Para peneliti di belakang studi, berbasis di University College London, berpikir bahwa menempatkan anggota badan anda di posisi asing pada dasarnya merangsan otak dan mengganggu sinyal rasa sakit.
5.       Mendengarkan musik
Musik terkenal dengan keindahannya, harmonisasi yang membuat kita terbawa dan melupakan keadaan kita saat itu, membuat kita terbawa dengan alunan lirik dan nada dalam musik.  Musik juga dapat menyembuhkan patah hati, namun juga menenangkan secara fisik. Orang yang menerima perawatan gigi cenderung meminta anestesi jika mereka dapat menonton video musik selama prosedur, sementara orang-orang yang mengalami rasa sakit setelah operasi kanker dapat mengatasi lebih baik jika mereka memainkan musik ambient.
6.       Jatuh cinta
Cinta membuat seseorang lupa diri, cinta mampu membuat kita mengorbankan segalanya, dan cinta membuat kita bahagia. Saat jatuh cinta dunia lebih cerah dan rasa makanan yang kita makan lebih enak. Lebih dari itu ternyata jatuh cinta efektif meringankan rasa sakit anda. Hanya dengan melihat gambar orang yang anda cintai dapat mengurangi intensitas  sakit saat memegang blok panas yang menyakitkan. Namun gambar yang kita lihat harus orang yang sedang sangat kita cintai, kalau tidak itu tidak akan berpengaruh.
7.       Sentuhlah diri anda sendiri
Pada tahun 2010, ahli saraf di University College London menemukan bahwa orang  lebih mampu menahan rasa sakit pada jari mereka yang telah dipanaskan ketika disentuh oleh tangan yang satunya.. Tim mengatakan bahwa sentuhan diri sendiri mengurangi tingkat rasa sakit yang dirasakan  oleh tubuh karena panas sampai sekitar  64 persen - mungkin mengadopsi posisi janin selama kram perut menjadi masuk akal.

By : @nrizkak Acetaldehid 2013


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai