Menyeimbangkan seluruh aktivitas kampus dengan kewajiban akademis bukan hal mudah. Apalagi, jika ditambah dengan pekerjaan sampingan yang kamu ambil selama kuliah. Oleh sebab itu, diperlukan manajemen waktu yang efektif, efisien, dan fleksibel sebagai strategi dan siasat menghadapinya.

Sumber: id.jobsdb.com
Dilansir dari Collegelife About, berikut beberapa cara menyeimbangkan kuliah dengan pekerjaan. 

1. Pekerjaanmu mampu melengkapi pengalaman kuliahmu

Terdapat berbagai macam alasan mengapa mahasiswa mencari pekerjaan saat kuliah. Ada yang ingin menambah uang saku semata, membantu keuangan keluarga, atau sekedar ingin menambah pengalaman yang sesuai dengan jurusan mereka. Mencari pekerjaan dengan tujuan memeroleh pengalaman yang relevan akan membuatmu mendapatkan referensi dan pengembangan secara profesional di masa mendatang.

2. Mengatur strategi untuk waktu bekerja

Manajemen waktu merupakan tantangan terbesar setiap mahasiswa. Dalam kegiatan kuliahnya saja sudah banyak hal yang harus diatur, apalagi bila ditambah dengan kerja sampingan. Kamu harus bisa mengidentifikasi kapan waktu terbaikmu untuk mengerjakan tugas dan kapan waktu terbaikmu untuk bekerja.

3. Mencari kerja di kampus atau lokasi lain yang mendukung peraturan kampusmu

Bekerja di kampus sendiri adalah cara terbaik agar kamu bisa menyeimbangkan kuliah dengan bekerja. Kamu pasti sudah sangat paham terhadap segala peraturan kampus yang berlaku. Oleh karena itu, kamu akan lebih mudah mengatur waktu dan jam belajar.

4. Memiliki cara kreatif dalam menyelesaikan tugas di tengah waktu kerja

Saat bekerja kamu bisa menemukan cara untuk sekaligus bisa menyelesaikan tugas kuliahmu. Jika kamu bekerja di depan laptop atau komputer, di waktu senggang kamu bisa menyelesaikan tugas dalam bentuk makalah atau artikel. Kamu juga bisa mendengarkan rekaman dosen atau membaca catatan yang kamu potret melalui ponsel saat bekerja.

5. Jadikan pekerjaan sebagai pelarian saat bosan

Tugas kuliah bisa membuatmu merasa tertekan. Pekerjaan yang kamu sukai bisa membuatmu sedikit melupakan kehidupan kampusmu. Kamu bisa menjadikan pekerjaan sebagai tempat untuk relaksasi sebelum berkutat kembali menjadi anak kuliahan.


~L`

2 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai