[Curcolan Lek Jon] 6 hal yang dapat menyelamatkanmu ketika berkendara


maraknya peristiwa kecelakaan di sekitar kita akhir-akhir ini seakan-akan memberikan suatu peringatan  kepada kita betapa kejamnya dan sadisnya jalanan bila kita tidak waspada ketika berkendara. Berikut ini adalah 7 hal yang bisa menyelamatkanmu ketika berkendara.


1. Kenali dirimu,kenali kendaraanmu

Seperti peribahasa mengatakan,tak kenal maka tak tendang eh sayang =)). Sebelum kita berkendara baiknya kita mengenal secara menyeluruh diri sendiri terlenih dahulu,apakah kita sehat dan siap berkendara atau tidak. Karena,jika kita tidak mengenal diri kita maka kita tidak akan optimal dalam memperhitungkan apa yang akan terjadi pada kita ketika berkendara. Kemudian,kenali pula kendaraan yang akan agan pakai untuk berkendara. Kenali kendaraan agan mulai dari kelebihan dan kekurangan pasangan berkendara agan sebelum melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu turun ke jalanan =)). Bila diri kita dan kendaraan sudah kita paham betul keadaanya maka agan akan berkendara dengan aman,enjoy,dan percaya diri.


2. Mempunyai pengetahuan tentang rute yamg akan dilewati.

Bila kita akan pergi ke suatu tempat pastinya akan mempunyai suatu rute tersendiri. Nah sebelum agan berkendara pastikan agan mempunyai pengetahuan tentang apa saja yang ada pada rute tersebut. Misal,jika agan ingin menuju kampus fsm Undip,agan setidaknya harus tau rute pasti yang harus agan lewati dan juga parameter lain seperti keamanan,intensitas traffic,dan yang lainya. Jika agan sudah memahaminya maka tidak ada dusta diantara agan dan jalanan =))
Kecuali jika agan ingin melewati jalanan yang agan belum pernah lewati sebelumnya. Agan bisa searching info terlebih dahulu tentang rute tersebut di internet atau teman yang sudah pernah lewat disana.


3. Cek lagi hal-hal yang sepele

Kadang suatu bencana terjadi bila kita tidak memperhatikan hal-hal yang sepele. Semisal lupa mengikat tali sepatu lalu kesrimpung (jatuh),atau lupa cebok jadi bau dan mengganggu sekitar =)). Bila dalam berkendara,hal sepele seperti tekanan angin ban,bensin di tangki,duit di kantong,pengait helm,sampai surat-surat berkendara luput dari pengawasan kita maka bisa saja dalam berkendara nantinya menimbulkan rasa tidak aman dan tidak percaya diri yang dapat menimbulkan kecelakaan yang bisa menimbulkan korban.

4. Ragu = bencana

Ini sering terjadi di sekitar kita,biasanya oleh sista sista atau pengendara newbie mobil maupun motor. Terkadang ragu-ragu untuk mengambil suatu tindakan ketika berkendara. Keraguan dalam berkendara sangatlah riskan terjadinya kecelakaan. Contohnya,agan atau sista ragu ingin berbelok ke kanan atau ke kiri,atau agan sista ragu apakaj jalanan yamg dilewati benar atau tidak. Keraguan agan sista ini adalah suatu hal yang berbahaya. Karena dalam suatu keraguan otak agan sista sejenak tidak akan memperhitungkan sekitar dan lebih memprioritaskan solusi keraguan yang dihadapi,alhasil agan sista akan kurang dapat mengantisipasi apa saja yang ada sekitar,seperi adanya angkot yang ngebut ngejar setoran maupun pengendara lain yang ada dibelakang dan didepan kita. Terlebih lagi jika berkendara ketika macet,jika agan ragu maka...wassalam=))


5. Lambat bukan berarti selamat,cepat bukan berarti tepat

Suatu benda yang bergerak pasti mempunyai kecepatan. Dalam berkendara kecepatan merupakan parameter penting. Ibarat pedang bermata dua kecepatan dapat menguntungkan dan juga merugikan. Menguntungkan karena dapat sampai lebih cepat =)) merugikan karena dapat menimbulkan kecelakaan :(. Anggapan yang sering kita dengar adalah lambat berarti selamat atau ''alon alon asal kelakon''. Anggapan ini tidak selamanya benar. Banyak pengendara lambat yang mengalami kecelakaan,biasanya dengan pengendara yang cepat. Pengendara yang lambat dan mengumpul ( ini sering terjadi :| ) dapat menghambat arus lalulintas. Sebenarnya sah sah saja bila berkendara pada kecepatan yang pelan,asalkan pada tempatnya=)). Mengemudi secara kencang bin cepat juga tidak selamanya benar juga. Mengemudi dengan cepat tanpa diiringi kewaspadaan dan skil yang mumpuni dapat meningkatkan kemungkinan kecelakaan. Ini jalanan bukan trek balap yang bisa menggeber kencang motor mobil agan sista. Sebaiknya ketika agan berkendara,atur kecepatan agan sesuai batas kecepatan yang ada. Tidak terlalu lambat dan tidak terlalu cepat, yang sedang sedang saja. Jika ingin kencang pastikan lingkungan aman dan selalu waspada serta tidak ada keraguan di hati dan pikiran agan =))


6. Yang terpenting dan sangat penting...mintalah perlindungan kepada Tuhan yang maha kuasa

Kalau yang ini sudah tau lah ya =)) =))




Jadilah pengendara yang sigap,cerdas,dan tangkas agar agan selamat dalam berkendara di jalanan

Demikian curcolan ane yang berantakan. Semoga dapat membuka wawasan agan sista dalam berkendara


Sumber : keluar begitu saja
Gambar : mbah Google
By lek jon

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai