The Newest Project From Eko with his Team!
Eko Siswoyo kembali membuat gebrakan, sebelurmnya ia telah membuat Karya Tulis Ilmiah yang membawanya menuju Negeri Sakura. Kali ini ia membuat PKM-P (Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian). Namun, kali ini Woyo (panggilan akrab Eko, red) tidak sendirian. Ia bersama tim PKM-nya yang terdiri dari Keti Yuliani, Diah Apriliani Amaliah, Yoyon Wahyono, Dita Widia Ningrum.
                Kali ini timnya membuat PKM-P yang berjudul “Pemanfaatan Limbah menjadi Fertilizer Ramah Lingkungan”. Alasan tim dari Eko, Keti, Diah, Yoyon dan Dita membuat PKM-P ini adalah berawal dari masalah krisisnya lahan pertanian Indonesia, akibat penggunaan pupuk berbahan kimia. Dari situlah, Eko dan kawan-kawan menggali sebuah inovasi baru dengan memanfaatkan limbah kulit tebu dan kulit udang sebagai bahan dasar pembuatan pupuk nano ramah lingkungan.
                Seperti yang sudah diketahui khalayak umum, bahwa pupuk kimia apabila dipakai terus-menerus akan mengakibatkan tanah menjadi tandus dan kering yang berakibat tanah sukar menyerap air. “Dari permasalahan tanah tandus dan kering tersebut, kami mencoba membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan inovasi pupuk nano berbahan dasar limbah tebu dan kulit udang” tutur Woyo.
                Menurut tim mereka, Penelitian PKM-P ini masih belum sempurna dan masih berupa prototype sehingga tim mereka masih akan mengembangkan penelitian ini terus menerus. “Untuk penelitian ini, masih kita kembangkan terus demi mendapatkan komposisi pupuk yang pas” ujar Diah.

                Ke depannya, tim dari Eko, Diah, Keti, Yoyon, dan Dita ini berharap agar PKM-P mereka ini agar dapat dijadikan produk dan dipasarkan secara luas ke seluruh Indonesia. “Ya, ini memang baru penelitian, tapi tidak menutup kemungkinan untuk kolaborasi dengan dosbing (dosen pembimbing) kami, untuk kami jadikan produk” ucap Keti.

By : Naufal

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai