Perhitungan dari orto-fosfat di dalam ekstrak tanah biasanya melibatkan pengiriman sampel kering tanah ke laboratorium untuk analisis dan ditunggu beberapa minggu untuk hasilnya. Metode penentuan fosfat melibatkan penggunaan asam kuat, logam berat dan pencelupan organic. Untuk menandingi keterbatasan pendekatan ini, telah dikembangkan metode penentuan fosfat yang dapat diselesaikan di lapangan untuk memperoleh hasil di tempat.

Keuntungan metode baru ini :
  • ·         Volume yang kecil
  • ·         Reaksi yang enzimatis
  • ·         Green chemistry



Pertama-tama, sampel tanah diekstrak dengan air deionisasi dan disaring. Kemudian, sebagian dari ekstrak tanah (0,5 mL) ditransfer menjadi cuvette yang digunakan, mengandung 0.5 mL dari campuran reaksi [ 200mM HEPES, pH 7.6, 20 mM MgCl2, dengan 80 nmol 2-amino-6-mercapto-7-methylpurine ribonukleosida (MESG) dan 1 unit rekombinan purin nukleosida fosforilase (PNP; EC2.4.2.1)]. 

Struktur MSEG

Dicampur dan diinkubasi selama 10 menit pada temperatur ruang. Absrbansi dari reaksi lengkapnya dihitung pada 360 nm pada kondisi ruang terbuka, fotometer portable dihubungkan dengan Bluetooth pada smartphone. Konten fosfat dan fosforus pada tanah ditentukan dengan perbandingan dari absorbansi pada 360 nm kurva fosfat standar yang sebelumnya dipersiapkan, yang disimpan pada aplikasi smartphone (NECi)

Skema alat

Tampilan aplikasi NECi

source : E.R. Campbell et al. / MethodsX 2 (2015) 211–218
diterjemahkan oleh : ica

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai