Semua kendaraan baik kendaraan di darat, laut maupun udara, pasti dilengkapi dengan alat keselamatan. Contohnya, saat mengendarai sepeda motor, pengendara diwajibkan memakai helm, juga untuk mobil, diharuskan pula mengenakan sabuk pengaman. Berbeda dengan kendaraan laut yang wajib mempunyai alat untuk keselamatan jiwa, mengingat di laut sulit mendapatkan pertolongan secepatnya jika terjadi kecelakaan.
            Alat keselamatan di kendaraan laut merupakan sarana yang digunakan untuk meninggalkan kendaraan jika terjadi kebakaran atau akan tenggelam. Alat-alat keselamatan itu antara lain sekoei penolong, rakit, rompi dan pelampung.
           
Sekoei
            Lebih dikenal dengan life boat, berupa perahu kecil yang berada di kanan-kiri kapal bagian atas tepatnya di dek sekoei. Pada kapal barang biasanya hanya ada dua buah, sedangkan kapal penumpang atau pesiar, jumlah sesuai dengan besar kecilnya kapal. Sekoie biasanya berjumlah 12 buah. Sekoei-sekoei itu terbuat dari logam, kayu, atau serat fiber.
            Sekoei ada yang bermesin, dan pula dilengkapi dengan dayung. Di dalam sekoei tersedia perlengkapan keselamatan jiwa, seperti makanan, minuman, obat-obatan, dan alat-alat bantu untuk mencari pertolongan ke kapal lain yang sedang berlayar di dekatnya. Sekoei juga dilengkapi minyak peredam ombak supaya penumpang di dalamnya tidak mabuk laut.

Rakit
            Rakit penolong (life raft) terdiri atas dua jenis , yaitu rakit kaku (rigid life raft) dan rakit yang dikembangkan (inflatable life raft). Kedua rakit ini digunakan jika gagal menurunkan sekoei. Rakit penolong harus dilengkapi penutup, yang sesuai dengan ukurannya sehingga dapat melindungi penumpang. Warna rakit biasanya mencolok seperti jingga (oranye), sehingga mudah diketahui keberadaannya.
Sementara rakit yang dikembangkan berbentuk seperti kapsul yang besar dan dilengkapi tali pembuka yang panjang. Penggunaannya dengan cara dilemparkan ke laut dan ditarik talinya. Setelah tali ditarik, rakit akan otomatis mengembang dan siap digunakan. Didalamnya juga terdapat perlengkapan keselamatan jiwa, seperti makanan, minuman dan obat-obatan. Kapasitas rakit dipengaruhi oleh ukuran, ada yang dapat mengangkut sampai 25 orang.
           
Rompi
            Rompi penolong (life jacket) berupa baju pelampung yang dipakai penumpang supaya terapung di laut jika terjadi keadaan darurat. Rompi penolong harus berwarna mencolok supaya mudah dilihat. Rompi harus dilengkapi peluit yang dikaitkan dengan tali untuk menarik perhatian penolong. Rompi ini bisa kita temui juga di pesawat terbang.

Pelampung
            Pelampung yang biasa disebut life body ini berbentuk seperti ban mobil. Ban ini akan dilempar ke air laut jika ada penumpang yang jatuh ke laut. Alat ini biasanya terbuat dari gabus pejal dan tahan terhadap minyak. Pelampung ini juga harus berwarna mencolok supaya mudah  dikenali. Pada lampung ada tanda dengan huruf balok sesuai dengan nama kapal dan pelabuhan kapal itu terdaftar.

           


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai