Olahraga, suatu kegiatan yang digemari oleh banyak orang di dunia ini, tak terkecuali di negara kita, Indonesia. Di Indonesia, banyak olahraga yang dimainkan oleh masyarakat. Mulai dari sepakbola, bulu tangkis sampai berenang. Banyak anak muda yang menggeluti olahraga sebagai hobi mereka dan tidak sedikit dari mereka yang menjadi atlet.
Sudah banyak prestasi yang diraih oleh atlet muda Indonesia, baik di kancah ASEAN sampai Internasional. Berikut adalah atlet-atlet muda Indonesia yang sedang berprestasi di tahun 2014 :
1.      Rio Haryanto
Di daftar pertama ada pembalap muda Indonesia yang sedang berlaga di ajang GP2 bersama tim Campos Racing. GP2 adalah ajang balapan mobil yang sekelas dibawah F1. Pemuda kelahiran Solo, tanggal 22 Januari 1993 ini juga adalah pembalap Indonesia pertama dalam sejarah yang sudah mencicipi mobil Formula 1.  Pada tahun 2011, Rio berpartisipasi di ajang GP3 Series bersama tim Marussia Manor Racing dan di seri Auto GP bersama tim Driot-Arnoux Motorsport (DAMS). Dia mengawali kariernya di balap gokart pada tahun 2002 dengan Juara Nasional Go-kart kelas kadet.

Prestasi terbaik yang telah dicapai Rio adalah menjadi Juara Formula BMW Pacific pada tahun 2009. Rio bertekad untuk menjadi pembalap Formula 1 pertama dalam sejarah yang berasal dari Indonesia.

    Rio Haryanto

2.      Tami Grende
Berikutnya ada gadis kelahiran Denpasar, 22 Juni 1997 yang memilih Tenis sebagai jalan hidupnya, yaitu Tami Grende. Pada tahun 2014, Tami mencatatkan prestasi yang membanggakan, yaitu menjadi juara Wimbledon Junior. Pada ajang ini, Tami tampil dalam dua nomor, yaitu tunggal dan ganda. Pada sektor tunggal, ia dikalahkan oleh Gabriella Taylor pada babak kedua dengan skor 4-6, 4-6. Namun, pada nomor ganda, Tami yang berpasangan dengan petenis China, Qiu Yu Ye berhasil mengalahkan pasangan Marie Bouzkova (republik Ceko)/Dalma Galfi (Hongaria) dengan skor 6-2, 7-6 (5). Prestasi gemilang di Wimbledon itu membuat ranking Tami melejit. Dia bisa langsung tampil di babak utama Australia Terbuka junior tahun depan.

Hasil gambar untuk tami grende
      Tami Grende

3.    Evan Dimas Darmono
Pemuda ini sukses mencuri perhatian seluruh masyarakat Indonesia saat tampil di piala AFF U-19 2013. Evan Dimas adalah kapten dari timnas Indonesia pada piala AFF U-19 2013 kemarin. Ia berhasil mengantarkan Indonesia menjadi juara AFF U-19 pada tahun 2013 dengan mengalahkan Vietnam di final. Dua minggu setelahnya, timnas U-19 bertanding di Kualifikasi Kejuaraan U-19 AFC 2014. Di pertandingan penentuan grup melawan Korea Selatan (12 Oktober 2013), Evan berhasil mencetak hat-trick yang membuat Indonesia lolos untuk ke-16 kalinya. Namun, timnas di Kejuaraan U-19 AFC 2014 tidak bisa lolos dari babak grup sehingga gagal melaju ke Piala Dunia U-20 FIFA 2015.
Pada tahun 2014, kariernya terus melejit, Evan Dimas terpilih menjadi salah satu skuad timnas Indonesia senior di Piala AFF 2014. Ia terpilih karena penampilannya yang memukau dan impresif sehingga berhasil memikat pelatih timnas senior saat itu, yaitu Alfred Riedl. Pada tahun ini, Evan sempat menjalani trial di klub divisi 2 liga Spanyol, yaitu UE Llagostera, namun ia gagal lulus trial tersebut. Saat ini, Evan sedang membela panji Persebaya Surabaya di level klub.
            Evan Dimas

4.      Rosyita Eka Putri Sari
Selanjutnya, ada pebulutangkis wanita muda yang baru berumur 19 tahun asal Sleman, yaitu Rosyita Eka Putri Sari. Rosyita adalah spesialis ganda yang berasal dari klub PB Djarum Kudus, dia berpasangan dengan Della Destiara Haris pada ganda wanita dan berpasangan dengan Muhammad Rian Ardianto di ganda campuran. Pada tahun 2014, Rosyita berhasil merebut 2 medali perak di nomor ganda wanita dan ganda campuran pada Kejuaraan Dunia Junior BWF 2014 yang diadakan di Malaysia.

Hasil gambar untuk rosyita eka putri
 Rosyita Eka 

5.      Rendy Verdian Licardo/M. Ashfiya
Rendy Verdian Licardo/M. Ashfiya adalah pasangan muda Indonesia dalam olahraga voli pantai. Pasangan ini berhasil membukukan prestasi emas di Thailand tahun ini. Keduanya menjadi juara Kualifikasi Youth Olympic 2014 dan lolos ke Nanjing.
Titel juara didapatkan dengan mengalahkan pasangan Thailand 1 di partai final yang bergulir di bulan April. Pasangan yang masuk pelatnas pratama itu membuat serangkaian kejutan sejak babak sebelumnya, Mereka sukses menumbangkan pasangan-pasangan Australia dan Selandia Baru yang lebih diunggulkan.

Prestasi di Youth Olympic yang bergulir di Nanjing, China juga cukup memuaskan. Para atlet yang beum genap berusia 19 tahun itu ada di urutan kesembilan.

Dengan penampilan yang oke tersebut, Rendy/Yayak —sapaan akrab Ashfiyak— pun diproyeksikan untuk lolos ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Hasil gambar untuk rendy verdian licardo
Rendy & Yayak

Atlet-atlet muda yang sudah disebutkan diatas adalah suatu bukti bahwa Indonesia tidak pernah kehabisan atlet-atlet yang berbakat dan berpotensial. Tidak menutup kemungkinan akan ada atlet-atlet muda lain yang berprestasi yang membawa harum nama Indonesia di kancah Internasional. Mungkin salah satu atlet muda yang akan menorehkan namanya di kancah Internasional adalah kamu? Kita lihat saja nanti.

Sumber : Wikipedia, detik.com

By : NDA


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai