Pelatihan PKM itu event dari biro Valensi untuk mengenalkan mahasiswa baru, apa sih PKM itu??? mengembangkan ide kreatif maba, dan bagaimana membuat proposal bisa didanai. Undip kan ingin merintis UNIVERSITAS RISET pada tahun 2020.

Dalam pelatihan PKM, “Kita lebih menanamkan bibit pada tahun ini, untuk mewujudkan visi UNDIP,” tutur ketua biro Valensi.




Acara ini dibagi menjadi dua session, sesi I berisi pemaparan materi oleh Nurmanita Rismaningsih dan Glar Doni, lalu maba diberi dosen pembimbing, dan kakak pembimbing yang telah berpengalaman pastinya. Diberi jeda dua minggu bagi adik-adik maba (Mahasiswa Baru) kimia untuk membuat karya inovatif melalui PKM.

Harapannya sih, “Bisa mengirimkan PKM dan lolos hingga PIMNAS,” kata Andre-kimia 2015."
Selanjutnya sesi II yakni presentasi dan pemberian penghargaan pada sepuluh finalis PKM terbaik dari maba pada tanggal 10 Oktober nanti. Ditunggu yaa….

Perbedaan unik dari pelatihan PKM tahun ini dibanding pelatihan PKM tahun lalu terletak pada timeline dan kewajiban. Tahun lalu, diadakannya bulan Desember. Nah, untuk tahun ini pada bulan September. Bersama itu, tahun ini WAJIB bagi maba karena termasuk kaderisasi riset dari VALENSI sendiri sedangkan tahun lalu tidak diwajibkan bagi maba.

Manfaat pelatihan PKM ini ya agar maba dapat ilmu, dapat motivasi yg super duper dari senior yg prestasinya melewati mancanegara, salah satunya melalui PKM.
Maba sangat antusias dengan kegiatan pelatihan PKM. Sembilan puluh persen maba kimia 2015 hadir untuk mengikuti acara pelatihan PKM . Peserta nggak bisa full karena efek lebaran Idul Adha, kemungkinan masih ada yang belum rela meninggalkan kampung halaman tercinta.

Suasana ketika berlangsunnya Pelatihan PKM di  E101


APA KATA MEREKA setelah mengikuti pelatihan PKM? (kasih gbr mereka)
“Kimia itu sains. Sains itu otak dasar dari semua ide. Kita berada di FSM seharusnya menjadikan PKM makanan sehari-hari. PKM bisa menunjang seberapa gengsi jurusan itu berada. PKM mempertahankan akreditasi. Tahun 2015 ini, peserta yg lolos PIMNAS lebih banyak dari fisika dibandingkan jurusan kimia karena banyak mahasiswa kimia yang tidak menjadi ketua melainkan sebagai anggota. Semoga maba bisa membuat PKM, memberikan prestasi, memberikan gagasan di UNDIP di bidang riset,” kata ketua Valensi-Wahyu P.P

Lain halnya dengan ketua acara Pelatihan PKM, Ratna Wulan. “Ternyata, banyak hal-hal baru yang bisa dieksplore, mencari solusi dan hal-hal baru untuk masyarakat. Mudah-mudahan maba 2015 tumbuh niat untuk membuat PKM yang banyak dan lolos didanai.”

“Senang sekali mendapat pelatihan PKM. Hal yang baru dan tidak ada saat SMA dulu. Saya jadi tahu apa itu PKM. Bagaimana tatacaranya membuat PKM bisa didanai. Semoga banyak mahasiswa kimia yang lolos PIMNAS,“ canda Andre.

“Dasarnya kimia adalah penelitian. Kita bisa membuat PKM-P maupun PKM yang lain dengan teman maupun senior yang beda angkatan untuk membuat proposal PKM,“ tutur Novi


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai