Kehidupan Dunia Mahasiswa dan Perjuangan Untuk Mencapai Akhirnya

Wisuda ke-140 Universitas Diponegoro telah diselenggarakan di Gedung Sudharto pada tanggal 27 Oktober 2015. Wisuda adalah saat membahagiakan bagi kita, para mahasiswa, orang tua dan teman-teman kita. Bahagia karena dapat memandang wajah bangga orang tua dan teman-teman kita yang melihat kita telah menyelesaikan kuliahnya dan telah bergelar sarjana. Wisuda adalah tahapan terakhir dari masa-masa kita menuntut ilmu di bangku kuliah. Sebelum mencapai wisuda, kita harus melewati tahapan-tahapan yang panjang dengan perjuangan keras.

Perjuangan menuju wisuda dimulai dari menginjakkan kaki pertama kali di kampus atau dengan kata lain menjadi maba. Di sini kita akan berkenalan dengan dunia kampus, tradisi dan budaya di fakultas dan jurusan masing-masing dan juga mengikuti serangkaian kegiatan PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru). Dari kegiatan PMB ini kita akan berkenalan dengan orang-orang baru yang akan mengisi dan membantu hidup kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan mencapai jenjang selanjutnya pada dunia perkuliahan.

PMB juga mengajarkan kita agar menjadi manusia yang mempunyai karakter sosialis, bukan individualis. Karena di dunia perkuliahan, kita harus dapat berkomunikasi dengan orang lain, seperti mahasiswa-mahasiswi lain, dosen dan lain-lain dan PMB juga memberikan kita bekal yang sangat penting dalam kehidupan kita selanjutnya setelah kita lulus dari kuliah, yaitu manajemen waktu.

Setelah melewati tahapan pertama dalam kuliah ini, kita dapat melanjutkannya ke tahapan selanjutnya di dunia perkuliahan ini. Tahapan selanjutnya adalah biasanya mahasiswa-mahasiswa akan mencari organisasi yang cocok untuknya. Terkadang ada beberapa mahasiswa yang merasa organisasi hanya menjadi gangguan akademik mereka, Padahal, dengan ilmu yang kita peroleh saat kita mengikuti kegiatan PMB yaitu manajemen waktu, kita dapat mengatur jadwal kehidupan kita menjadi teratur dan kita juga dapat menyeimbangkan waktu saat kita berorganisasi dan waktu saat kita belajar agar kita tidak keteteran.

Selain itu, organisasi membuat kehidupan kita di dunia kuliah tidak terasa hambar dan juga dengan organisasi, kita dapat mencari kenalan-kenalan atau relasi baru yang dapat membantu di kemudian hari. Organisasi juga memberikan manfaat lain pada kita, seperti melatih otak kita agar dapat memecahkan suatu masalah dan melatih sikap bermasyarakat. Hal-hal ini akan sangat bermanfaat untuk kita saat kita berada di dunia kerja. Karena kuliah itu bukan hanya sekedar kuliah-pulang kuliah-pulang atau istilahnya kupu-kupu, saat kuliah kita dapat aktif di berbagai kegiatan dan organisasi, seperti BEM, UKM, HM dan sebagainya.

Ketika sudah mencapai semester 7, kita akan memulai menyusun tugas akhir atau yang biasa disebut skripsi. Saat-saat menyusun skripsi inilah yang biasanya menjadi momok bagi mahasiswa-mahasiswa. Di sinilah mental dan pikiran kita diuji karena dalam penyusunan skripsi ini sering ditemui problem-problem, seperti revisi skripsi berkali-kali, dosen pembimbing yang acap kali sulit ditemui, data skripsi yang hilang, dan lain-lain. Namun, dengan doa orang tua yang selalu menyertai kita dan iming-iming gelar sarjana yang telah didepan mata, maka pasti kita dapat berjuang untuk melewati problem-problem itu.

Setelah skripsi kita selesai, maka kita melanjutkan ke tahapan selanjutnya yaitu uji kelayakan. Di uji kelayakan ini, skripsi atau tugas akhir kita akan diuji oleh dosen pembimbing kita. Setelah kita lulus di uji kelayakan, maka dilanjutkan dengan sidang skripsi. Di sidang skripsi ini, skripsi kita akan disidang atau diuji oleh dosen-dosen. Apabila kita lulus sidang skripsi ini, maka kita akan mengikuti acara yudisium. Yudisium adalah upacara wisuda dari fakultas, di sini kita akan dikumpulkan bersama teman-teman wisudawan dari satu fakultas dan kita akan diserahkan sesuatu seperti ijazah dan plakat dari dekanat. Kemudian tahapan terakhir adalah wisuda, di sini kita akan dikumpulkan dengan wisudawan-wisudawati dari fakultas lain dan akan diserahi ijazah dari rektor Universitas.

Wisuda memang tahapan terakhir pada kehidupan perkuliahan kita, namun bukan tahapan terakhir pada kehidupan kita. Wisuda adalah gerbang untuk menuju masa depan kita dan titik awal dari karir kita. Harapannya ilmu-ilmu yang telah kita pelajari saat mengecap bangku kuliah dapat kita terapkan langsung di dunia kerja nanti dan juga kita menjadi sarjana yang komplit, tidak hanya cerdas dalam berintelektual, namun juga memiliki akhlak yang baik.


Selamat bagi senior-senior kami yang telah menjalani upacara wisuda kemarin. Semoga dengan ilmu-ilmu yang telah didapat saat mengecap bangku kuliah dapat digunakan untuk memajukan Indonesia menjadi negara yang lebih baik dan lebih maju. Dan bagi mahasiswa-mahasiswa yang belum lulus dan baru masuk dunia kuliah, berjuanglah dengan maksimal agar dapat melalui tahapan-tahapan yang amat panjang dan berat di dunia perkuliahan ini untuk mendapatkan gelar dan yang terutama yaitu membuat orang tua kalian bangga.



0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai