BRT MASUK UNDIP, APA KATA MAHASISWA??

Semarang- ada kabar baik nih buat kalian yang setiap hari naik angkutan umum buat pergi ke kampus. Bus Rapid Transit yang biasa disingkat BRT Trans Semarang kini masuk kampus Undip. Rektorat Undip bekerja sama dengan Pemkot Semarang memfasilitasi mahasiswa dengan menyediakan BRT koridor VI yang menghubungkan kampus Unnes dan Undip Tembalang pulang pergi.
Pada saat peluncurannya di Lapangan Widya Puraya Undip akhir april lalu, dikatakan bahwa BRT Undip-Unnes berjumlah 16 armada yang akan transit tiap 12 menit sekali. Tiket BRT ini sangat murah lho, hanya dengan menunjukkan kartu mahasiswa biaya yang dikenakan hanya seribu rupiah untuk sampai ke tempat tujuan. Tentunya sangat menguntungkan untuk mahasiswa khususnya yang laju dari luar tembalang.
Namun setelah kurang lebih dua minggu beroperasi, kemeriahan peluncuran BRT ini  tidak berbanding lurus dengan antusiasme penumpang. Halte-halte yang telah disediakan jarang terdapat penumpang dan BRT yang lewat pun lebih sering lengang. Malah ada yang mengatakan terganggu dengan adanya BRT ini. Duh, miris banget ya.
Sebenarnya, bagaimana sih pendapat mahasiswa tentang BRT Undip ini? Yuk, kita simak langsung.
adanya BRT sih emang membantu, apalagi untuk yang laju dari semarang bawah seperti saya. BRT itu kan sistemnya per halte, jadi ga ngetem lama kaya angkot. Tapi kaya aku sendiri, kalo mau naik BRT harus ada waktu ekstra, karena kan nunggunya lumayan lama, belum tentu ada yang lewat, juga kan kalo dari fakultas aku, aku harus jalan lumayan jauh. Ada plus minusnya tetep
Syayidatul Lutfiana (Psikologi,2016)
kalo menurut aku sih membantu, sebelum ada BRT aku naik angkot terus turun di Ngesrep, nanti nyambung naik angkot lagi yang ke Undip. Nah itu kan makan banyak waktu tuh, setelah ada bus BRT ini saya kalo berangkat pakai BRT walaupun harus jalan lumayan jauh dari Kedokteran ke FSM tapi lumayan hemat waktu lah. Tapi secara keseluruhan enak sih, apalagi kan busnya kan baru jadi jarang penuh tuh, ber AC juga, jadi lumayan enak lah buat ngadem, hehe.
Nusrotun Niswah N (Matematika,2016)
Saya pribadi sih menilai BRT ini kurang efektif ya. Saya yang setiap hari naik motor, kalo lewat bunderan pas jam-jam masuk kuliah sebelum ada BRT juga udah macet, ditambah lagi sekarang ada BRT bus segede itu tambah macet deh jalannya. Wilayah undip kan jalannya ga terlalu luas, belum lagi medan yang naik turun, kayanya serem aja kalo lihatnya. Menurut aku juga banyak halte yang nggak berfungsi. Di depan FK contohnya, di depan halte tuh dibuat parkir mobil, lah gimana BRT mau transit?. Itu sih kalo menurut aku, tapi BRT ini juga pasti ada sisi membantunya lah.
Istiqomah (Keperawatan, 2013)
kalo aku tiap hari kan bawa motor, jadi nggak terlalu ngaruh juga dengan adanya BRT ini. Hanya saja kan fakultas aku dilewati BRT jadi sering banget tuh pas keluar atau masuk kamupus ketemu sama BRT. Secara kan FPP jalannya naik banget, jadi ngeri gitu kalo lihat busnya agak ngebut sambil nanjak gitu. Saran aja sih, jangan terlalu ngebut, kasian motor atau kendaraan yang pas barengin. Jalan yang kaya gitu kan juga memungkinkan kendaraan lain buat nambah kecepatan, jadi lebih hati-hati aja”.
Fatimah (Peternakan, 2015)
Aku tiap hari naik angkot, walaupun sekarang ada BRT aku tetep naik angkot. Soalnya BRT ga nyampe fakultas aku, BRT kan gak lewat teknik. Jadi walaupun murah aku tetep belum bisa nikmatin fasilitas itu, karena gak mungkin juga kalo harus jalan ke halte, gak ada yang deket. Tapi kalo efek BRT yang aku rasain sebagai penumpang angkot sih lumayan menghambat jalan, apalagi pas di pintu masuk bunderan itu, lebih padat jadinya. Otomatis waktu tempuh angkotnya jadi nambah lama. Tapi kan kita juga gak boleh egois, ada banyak orang juga yang di untungkan dengan adanya BRT ini. Jadi ya semoga diperbaiki sistemnya, biar menguntungkan semua.
Nailatul Muna (Teknik Geodesi, 2015)

Nah itulah beberapa opini mahasiswa tentang adanya BRT Undip. Kesimpulan aku kembalikan ke pembaca ya. Kalian juga punya pendapat yang sama dengan salah atu mahasiswa tadi? Atau malah punya pendapat lain? Silahkan berpendapat guys, tapi jangan lupa setiap orang punya kebutuhan yang beda-beda. Hidup itu kan perlu berbagi, jadi ga ada salahnya kan kalo kita juga berbagi rasa dengan teman-teman kita yang dimudahkan dengan BRT ini. satu lagi, BRT ini fasilitas umum, jadi gunakan dengan bijak buat kenyaman umumjuga ya guys. (NA)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai