Selamat Datang Semester Ganjil, Selamat Datang Kurikulum Baru

Semarang-Sosialisasi mengenai Kurikulum baru 2017 telah dilaksanakan di Aula Dekanat FSM Undip, akhir Semester Genap kemarin (15/6). Acara yang berlangsung selama 2 jam ini dilaksanakan sebagai pengenalan mengenai Kurikulum 2017  (K2017) yang akan diberlakukan mulai Semester Ganjil tahun ajaran 2017/2018. Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa Departemen Kimia Undip, baik dari angkatan 2013 sampai angkatan termuda 2016.
Rangkaian acara meliputi pembukaan, sambutan dari ketua Departemen Kimia dilanjutkan sosialisasi oleh Ketua Tim Perumus Kurikulum 2017 dan tanya jawab. Dalam sambutannya, Dr. Dwi hudiyanti, M. Sc selaku ketua Departemen Kimia menjelaskan adanya pembaharuan kurikulum baru bagi mahasiswa Departemen Kimia Undip ini diharapkan mampu mencakup capaian pembelajaran program studi Kimia dan mengikuti perkembangan keilmuan.“Diharapkan mahasiswa kimia saat ini lebih mampu dan memahami ilmu kimia dan dapat bersaing dengan yang lain karena ilmu saat ini berkembang lebih cepat dibanding zaman dulu,” tambahnya.
Dalam acara sosialisasi ini dijelaskan mengenai distribusi mata kuliah baik wajib dan pilihan prodi Kimia pada K2017 serta konversinya dari K2012. Menurut Ketua TIM Perumus K2017, Dr. Parsaoran Siahaan, M.S, K2017 ini disusun dari keilmuan kimia yang bersifat mikro yang akan dipelajari di Semester awal baru selanjutnya keilmuan kimia yang bersifat makro yang akan dipelajari di Semester menengah. Untuk Semester 1 dan Semester 2 diberlakukan sistem paket dimana akan  difokuskan  pada mata kuliah wajib, sehingga tidak disarankan untuk mengambil mata kuliah pilihan pada Semester ini. Selain itu, jumlah SKS untuk mata kuliah pilihan akan diperbanyak pada Semester 6 hingga Semester 7. Hal ini dimaksudkan supaya seluruh mata kuliah wajib telah diambil pada Semester awal hingga Semester menengah dan tidak terhambat dengan adanya mata kuliah pilihan. Dengan diberlakukannya Kurikulum baru untuk seluruh angkatan aktif tidak menutup kemungkinan terdapat mata kuliah yang krusial, sehingga untuk mengatasinya pada tahun ajaran 2017/2018 akan disajikan pada dua Semester berturut-turut, baik Semester ganjil maupun genap. (Polimer/YR)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai