Lagi-lagi tepatnya pada hari ini Twitter dibuat trending dengan salah satu hari penting yang dilaksanakan di berbagai negara dengan dua tagar sekaligus yaitu #WorldTobaccoDay dan #DiaMundialSinTobacco. Setiap tanggal 31 Mei memang diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Taukah kalian akan hal ini?
            Tembakau memang dikenal sebagai bahan utama pembuatan rokok. Sebagai anak kimia pastinya akan tahu apa saja kandungan tembakau dalam rokok, apakah bisa merusak tubuh jika mengkonsumsinya?
            Bertepatan dengan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ada fakta-fakta menarik tentang tembakau di Indonesia, yuk simak!
1.    1.  Kandungan-kandungan pada tembakau yang berbahaya
Tembakau memang sudah dikenal luas bahkan tidak asing lagi di telinga rakyat Indonesia yang mempunyai kandungan-kandungan berbahaya di dalamnya apalagi jika dijadikan sebagai bahan utama rokok yang mempunyai sifat adiktif. Sifat adiktif ini yang akan menyebabkan orang yang mencobanya menjadi ingin mencobanya terus-menerus. Karena hal itulah akan sangat berbahaya bagi tubuh karena kandungan yang berbahaya dan bahkan jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Ingatkah pepatah “Merokok bisa Membunuhmu”?

2.      2. Sebagian besar orang Ter-Kaya se-Indonesia merupakan pengusaha rokok
Tidak heran jika para pengusaha rokok akan menduduki peringkat teratas diantara orang-orang paling kaya di Indonesia mengingat konsumen rokok di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Peringkat pertama dan kedua diduduki oleh pengusaha rokok Djarum yaitu  bapak Robert Budi Hartono dan bapak Michael Hartono yang merupakan pemilik perusahaan rokok terbesar di Indonesia bahkan merupakan perusahaan rokok terbesar di dunia.
3.     3.  Indonesia masuk dalam negara penghasil tembakau terbakau di dunia
Taukah kalian jika Indonesia masuk sebagai 8 negara penghasil tembakau terbesar di dunia? Ya Indonesia masuk dalam Top 5 negara pengasil tembakau terbesar di dunia, banyak sekali ya! Dikenal sebagai salah satu negara tropis memungkinkan jika Indonesia masuk dalam daftar bahkan perusahaan rokok terbesar di Indonesia masuk sebagai perusahaan rokok terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, Kabupaten Temanggung menjadi produsen terbesar di Indonesia sebagai supplier tembakau bagi sebagian besar perusahaan-perusahaan rokok, sehingga tak jarang jika musim kemarau kabupaten temanggung akan dipenuhi dengan tembakau kering yang dijemur di bawah sinar matahari.
            Berikut merupakan sedikit ulasan tentang tembakau dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia. (KP)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai