MUSIC OUT THIS MONTH – OKTOBER 2016

Bulan Oktober adalah bulan yang selalu identik dengan musim gugur di belahan bumi utara. Berlawanan dengan itu, bulan Oktober dalam industri musik mancanegara dimanfaatkan para musisi untuk kembali bersemi. Dalam satu dekade terakhir, banyak musisi besar yang memang sengaja mengeluarkan album dan singel terbaiknya di bulan Oktober. Tujuannya tidak lain adalah agar karyanya bisa masuk dalam nominasi Grammy Award. Sebut saja album Red dan ‘1989’ milik Taylor Swift yang sukses besar di tahun 2012 dan 2014 dan album Prism-nya Katy Perry di tahun 2013. Di tahun ini, Bruno Mars, Maroon 5, hingga The Weeknd juga ingin merasakan tuah bulan Oktober. Dan berikut ini adalah daftar beberapa lagu baru di bulan Oktober*) yang dapat dijadikan untuk referensi Anda:

·   The Weeknd ft. Daft Punk – Starboy
(Album: Starboy)
The Weeknd XO
The Weeknd kembali menggebrak dengan menggaet duo elektronik kenamaan asal Perancis, Daft Punk, untuk memproduseri lagu terbarunya. Kerjasama ini menghadirkan sesuatu yang baru, yaitu genre RnB yang dikemas dengan musik elektronik. Temponya berjalan sedang dengan aransemen yang cukup sederhana seolah-olah pendengar dibawa ke dunia RnB masa depan. Seperti biasanya, The Weeknd mengedepankan vokalnya yang khas dengan lirik yang sedikit nyeleneh. Starboy diambil dari album ketiganya yang rilis akhir November 2016. Singel ini dirilis pada 22 September 2016.




·         The Chainsmokers ft. Phoebe Ryan – All We Know
(Album: Collage – EP)
Disruptor Records /
Columbia Records
Meneruskan kejayaan Closer yang sukses memuncaki deretan tangga lagu dunia, Chainsmokers enggan merubah total komposisi singel terbarunya. Kembali membawakan genre Future bass, All We Know hadir dengan irama yang sama, hanya saja menggunakan tempo yang lebih pelan. Andrew Taggart lagi-lagi mengisi vokal utamanya, diiringi vokal Phoebe Ryan di hampir semua bagian lagu. Vokalnya pun dinyanyikan dengan lirih, sesuai dengan makna lagu yang ingin disampaikannya: hubungan yang menggantung. Singel ini dirilis pada 29 September 2016.





·        Niall Horan – This Town
Neon Haze Music
Salah satu member One Direction, Niall Horan, mengikuti jejak personil lainnya untuk bersolo karir. Setelah dikontrak oleh Capitol Records, Niall Horan memutuskan untuk mengeluarkan single perdananya berjudul This Town. Dibawakan dengan genre folk akustik, keseluruhan instrumen musik yang dipakai dalam lagu ini hanyalah sebuah gitar akustik. Tempo sedang yang dihadirkan pun nyaman untuk membuat tertidur pulas. Kehadiran lagu ini tentunya mengobati rasa rindu pendengar atas hiatus-nya One Direction. Singel ini dirilis pada 29 September 2016.




·         Bruno Mars – 24K Magic
(Album: 24K Magic)
Atlantic Records
Setelah vakum hampir selama 3 tahun, Bruno memutuskan untuk mengeluarkan album terbarunya pada November tahun ini. Dan sebagai singel pertamanya, 24K Magic datang dengan mengusung genre Funk-Disco ala-ala tahun 80-an. Agak mengingatkan kita pada lagu Uptown Funk-nya yang hits di tahun 2014, namun pada kali ini Bruno mulai menggunakan vokal auto-tune pada beberapa bagian vokalnya. Walaupun begitu, musiknya tetap seenerjik seperti biasanya dan membuat pendengarnya untuk bersenang-senang. Singel dirilis pada 7 Oktober 2016.




·         John Legend – Love Me Now
(Album: Darkness and Light)
John Legend Music
Setelah hadir sebagai penyanyi elektronik dalam berbagai album musisi lain, John Legend kali ini sudah kembali ke hakekatnya semula. Love Me Now memadukan unsur pop dan RnB yang sudah lama menjadi ciri khas John Legend. Lagu bertempo cepat ini merupakan single pertama dari album kelimanya yang berjudul Darkness and Light. Pendengar sangat dimanjakan dengan suara empuk John Legend yang familiar itu. Selain itu, vocal improvement yang dilakukan juga semakin menambah keromantisan lagu ini. Singel ini dirilis pada 7 Oktober 2016.





·         Maroon 5 ft. Kendrick Lamar – Don’t Wanna Know
(Album: TBA)
Interscope Records
Bukan hanya Bruno, Maroon 5 juga kembali muncul dengan membawakan singel terbarunya. Don’t Wanna Know di-set sebagai lead single dari album yang masih dirahasiakan. Alih-alih pop-rock, band ini malah menawarkan genre tropical-house yang sedang menjamur sekarang ini. Walaupun masih terasa “baru”, namun Maroon 5 sukses membawakannya dengan apik. Lagu ini mengalun dengan tempo pelan, namun tetap asik untuk dinikmati. Kendrick Lamar dihadirkan untuk mengisi vokal rap pada bagian tengah lagu. Singel ini dirilis pada 11 Oktober 2016.





·         Machine Gun Kelly, Camila Cabello – Bad Things
Bad Boy/ Interscope Records
Mungkin nama rapper Machine Gun Kelly masih terdengar awam di musik Indonesia. Namun, hadirnya Camila Cabello dari girl-group Fifth Harmony patut untuk dijadikan perhitungan. Singel ini datang dengan genre hip-hop bertempo pelan, dengan sedikit kemasan pop di beberapa bagiannya. MGK mengisi kesemua vokal rap, sementara Camila diminta untuk menyanyikan bagian pop di bagian chorus dan bridge dengan vokal tingginya yang khas. Kolaborasi inilah yang membuat lagu semakin syahdu dan nyaman untuk didengarkan. Singel dirilis pada 10 Oktober 2016.




·         Hardwell ft. Jay Sean – Thinking About You
Cloud 9 Music BV
Salah satu DJ yang akan tampil dalam DWP tahun ini, Hardwell, kembali mengeluarkan singel terbaru berjudul Thinking About You. Dibantu oleh vokal penyanyi pop-R&B asal London, Jay Sean, Hardwell membawa penikmat musiknya untuk bergoyang dalam track yang bernuansa dance yang bouncy. Lagu ini dibawakan dengan tempo sedang dengan pitch yang tinggi, sesuai dengan vokal Jay Sean. Hardwell mengesampingkan unsur progressive dalam lagunya dan hanya diisi oleh dentuman yang ringan. Singel ini dirilis pada 14 Oktober 2016.




·         Far East Movement, Marshmello ft. Chanyeol, Tinashe – Freal Luv
(Album: Identity)
Transparent Music x Bugs Corps
Vakum selama empat tahun rupanya membuat nama Far East Movement seolah menghilang, dan kini grup beranggotakan empat orang tersebut mencoba untuk menaikan eksistensinya lagi. Dan untuk itulah singel Freal Luv dibuat. FEM melakukan langkah tepat dengan bekerja sama dengan DJ yang sedang naik daun, Marshmello, dan menghasilkan genre trap hip-hop yang mengasikkan. Salah satu member EXO, Chanyeol, bertugas untuk beradu rap dengan FEM di bagian verse yang berbeda. Sementara penyanyi lain yang dihadirkan, Tinashe, menyanyikan bagian intro dan chorus-nya dan Singel ini dirilis pada 14 Oktober 2016.





·         Little Mix – Shout Out to My Ex
(Album: Glory Days)
Simco
Masih rindu dengan mantan? Mungkin lagu ini harus Anda dengarkan. Shout Out to My Ex dipasang sebagai single pertama dari album keempatnya yang dirilis November berjudul Glory Days. Lagu ini berisi tentang seseorang yang berusaha untuk melupakan mantan kekasihnya. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan mengandalkan genre pop-anthem dan memanfaatkan karakter suara keempat anggota group. Vokal mereka terdengar sangat menggema dalam lagu ini, sesuai dengan makna lagu yang dibawakan. Singel ini dirilis pada 16 Oktober 2016.




·       Clean Bandit ft. Sean Paul, Anne-Marie – Rockabye
Atlantic Records UK
Clean Bandit terus berusaha tetap eksis walaupun ditinggalkan sang violin, Neil Amin-Smith. Selang beberapa hari setelah kepergiannya, grup musik ini langsung mengeluarkan single terbaru berjudul Rockabye. Lagu ini menceritakan kasih sayang seorang ibu yang menyanyikan lagu tidur untuk anaknya yang dinyanyikan secara manis oleh penyanyi pendatang baru, Anne-Marie. Unsur elektro-pop masih menjadi sajian utama dengan tempo yang berjalan sedang. Vokal “aneh” Sean Paul membuat kesan tersendiri dalam lagu ini. Singel ini dirilis pada 21 Oktober 2016.





*) NB: Dalam sistem penulisan tangga lagu, September pekan terakhir sudah dikategorikan masuk ke dalam bulan Oktober.


Author: Galih Saputra

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai