PELATIHAN KOMPUTASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS
 MAHASISWA KIMIA


SEMARANG- Sabtu (4/3) telah dilaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Departemen Kimia Undip yang bertemakan “Peningkatan Kualitas Mahasiswa Kimia se- Kodya Semarang Melalui Penerapan Program Komputasi Kimia Berbasis Windows dan Linux”. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Kimia Undip angkatan 2015, ada juga sebagian mahasiswa Biologi Undip. Peserta tidak hanya dalam lingkup Undip, namun ada peserta dari luar Undip yakni Mahasiswa Kimia Unnes, dan mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang. Pelatihan ini diadakan oleh Departemen Kimia khususnya Tim Laboratorium Kimia Fisik yang berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Kimia (HMK). Pelatihan ini dibantu oleh mahasiswa kimia fisik yang mengambil komputasi kimia sebagai tugas akhirnya. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa dosen laboratorium kimia fisik diantaranya Dr.Dwi Hudiyanti,M.Sc ; Dra. Arneli,M.Si ; Yayuk Astuti,S.Si, Ph.D ; Dr. Parsaoran Siahaan,M.S ; dan Drs. M. Asyari, M.Si.
Pelatihan komputasi ini dibagi menjadi 4 kloter. Kloter pertama dan kedua melakukan pelatihan pada hari Sabtu, 4 Maret 2017 sedangkan kloter ketiga dan keempat pada hari Minggu, 5 Maret 2017. Hari pertama merupakan pembukaan acara dengan sambutan dari ketua pelaksana acara, ketua HMK, sambutan dari Ibu Yayuk Astuti, S.Si, Ph.D selaku ketua Pengabdian Masyarakat, Ibu Dr.Dwi Hudiyanti, M.Sc selaku ketua Departemen Kimia dan pemaparan materi dari Bapak Dr.Parsaoran Siahaan, M.S. Dalam sambutannya Ibu Dr. Dwi Hudiyanti, M.Sc mengaku merasa senang karena pelatihan komputasi ini merupkan kegiatan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Harapannya akan banyak kegiatan lain yang sejenis, jadi mahasiswa tidak berjalan sendirian. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari bapak Dr. Parsaoran Siahaan,M.Si yang sudah berulang kali menjadi pembicara mengenai komputasi kimia. Di akhir materi beliau berpesan “ Galilah ilmu tentang komputasi. Ketika sudah berada diluar Undip, harapannya ilmu yang sudah didapat bisa dibagikan ke orang lain.”. Setelah pemaparan materi dari bapak Parsaoran ditutup, acara dilanjutkan dengan pelatihan komputasi hari pertama.
Hari kedua dilanjutkan dengan pelatihan komputasi yang berlangsung 2 kloter. Kloter pertama dilaksanakan mulai dari pukul 07.30 WIB sampai pukul 11.00 WIB yang diawali dengan registrasi dan dilanjutkan praktek pelatihan komputasi. Untuk kloter kedua dilaksanakan pukul 13.00-16.00 WIB. Materi yang disampaikan berupa pelatihan cara membuat molekul/senyawa dalam bentuk 3 Dimensi.  (YR/Naa_/KP)
  

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai