Tak Sekadar Pengabdian, Inilah Manfaat yang Kamu Peroleh Selama KKN

( Sumber : www.kampusundip.com )
                        

          Buat kamu mahasiswa semester akhir atau sudah memenuhi syarat, KKN adalah hal wajib yang harus dilakukan sebagai bagian dari kegiatan intrakulikuler mahasiswa di semua perguruan tinggi yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia.

“Nanti KKN di daerah mana ya?”
“Satu bulan sama tim A nanti bakal ‘krik-krik’ apa sebaliknya?”
“Penduduknya ramah-ramah nggak ya sama kita?”  

            Pasti hal tersebut di atas sering ada di benakmu. Tapi, jangan khawatir. Hal di bawah ini adalah beberapa manfaat yang akan kamu peroleh selama menjalani KKN.


  1.      Mendapatkan pengalaman menarik yang berharga

( Sumber :www.diginomica.com )    

Satu bulan bersama dengan orang-orang baru yang belum kamu kenal, tidak mungkin kalian hanya diam dan duduk manis tanpa melakukan hal apapun kan ?. Pasti tim KKN kalian merencakan untuk mengunjungi tempat yang menarik di daerah tersebut, atau melakukan kegiatan bersama untuk mengakrabkan satu sama lain, misalnya. Bahkan tak jarang yang terkena ‘cinlok’, apakah kamu salah satunya ?

  2.      Teman baru, Keluarga baru
 
Tiska Eva Triandhani (Kimia 2013)  di Desa Kertomulyo, Kecamatan Margoyoso, Pati
Disatukan dalam sebuah tim pengabdian, tak ayal kamu harus saling mengenal satu sama lain. Siapa tahu kamu mendapatkan teman sehobi, teman sedaerah, bahkan sahabat yang nantinya akan membantu dikala sulit. Selain membangun hubungan dengan sesama anggota tim, kamu juga harus berbaur dengan masyarakat di daerah kamu mengabdi. Hitung-hitung sebagai latihan awal kamu ketika bekerja di tempat yang bersinggungan dengan banyak orang. Membangun relasi itu sangat penting, apalagi di era seperti ini. Sebuah pepatah lama mengatakan, ‘Bukan apa yang Anda tahu, tetapi siapa yang Anda kenal’.

  3.      Mengasah kemampuan softskill

( Sumber : www.batimes.com )

Softskill merupakan keterampilan dan kecakapan hidup, baik untuk sendiri, berkelompok, atau bermasyarakat, serta dengan Sang Pencipta (Elfindri dkk). Kemampuan softskill sangatlah penting, apalagi bagi mahasiswa yang sebentar lagi memasuki ranah kerja. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa kesuksesan seseorang hanya ditentukan sekitar 20% hardskill dan 80% softskill. Nah, softskill ini dapat diasah melalui berbagai cara. Salah satunya dengan KKN ini. Kamu dituntut untuk ikut berpartisipasi dalam semua jenis kegiatan yang ada dalam masyarakat dan membagikan ilmu yang kamu peroleh selama menjadi mahasiswa.

            Nah, itulah beberapa manfaat KKN yang dikupas kali ini. Apapun bentuk dan jenis kegiatannya, semoga adalah hal yang bermanfaat baik untuk pribadi dan masyarakat sekitar.
                                                                                                                                                (AF)
            

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai