Kebanyakan orang pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan blogging atau singkatnya sering disebut ngeblog. Blog adalah suatu aplikasi web yang berfungsi sebagai wadah penyampaian informasi, aspirasi, catatan harian, dan lain sebagainya yang disajikan dalam bentuk tulisan-tulisan. Blog yang tadinya hanya berupa jurnal pribadi yang berisi opini sehari-hari, kini telah berubah wujud menjadi sarana penerbitan yang sangat mudah. Yang tadinya merupakan solusi pribadi, kini telah diadopsi untuk kepentingan profesional, bahkan komersial. Situs web seperti ini dapat diakses oleh seluruh pengguna internet yang mempunyai akun blog. dimana pengguna ini disebut blogger.
Sekarang sudah ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger untuk merawat blognya. Salah satu para blogger merawat blog nya adalah dengan menambahkan artikel yang harus dilakukan setiap waktu agar masyarakat luar mengetahui eksistensi blog tersebut. Tak jarang dari mereka para blogger pasti pernah mengalami masa-masa dimana ia jarang memperbaharui atau meng-update artikel-artikel . Alasan klasik para blogger karena jarang update adalah tidak adanya ide untuk menulis. Sebenarnya ide tersebut bisa datang kapan dan dimana saja, berikut ini beberapa ide blog unik yang (masih) bisa diterapkan:
  1. Catatan Perjalanan atau Tapak Tilas
Blog ini juga sering disebut blog wisata. Blog ini pasti dapat menarik banyak viewers yang mempunyai hobi travelling atau bagi mereka yang sering ditugaskan pergi ke suatu tempat/daerah untuk tuntutan suatu pekerjaan. Agar blog ini tampak lebih menarik, tidak ada salahnya menampilkan beberapa dokumentasi foto. 

  1. Blog Profesi yang Unik
Mungkin sudah banyak para blogger lain yang menampilkan tulisan-tulisan tentang blog profesi, namun alangkah lebih baik bila para blogger tersebut dapat mengemas tulisan nya lebih unik lagi seperti tulisan tentang Seorang Akuntan Peternakan Ayam mungkin bisa jadi topik yang menarik banyak viewers pula.

  1. Blog Seni Lokal
Blog ini dikhusukan bagi mereka para blogger yang terjun di dalam dunia seni, khususnya seni lokal. Tulisan-tulisan meeka tentang seni lokal bisa menjadikan inspirasi-inspirasi anak muda yang sudah termakan zaman globalisasi, selain itu bisa menarik para wisatawan mananegara untuk mengetahui budaya-budaya lokal suatu daerah.

Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan. Sehingga kemudian munculah istilah professional blogger, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog karena mereka mendapatkan banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dollar maupun rupiah. Namun dari semua keuntungan dan manfaat yang didapat dari aktivitas ngeblog, ngeblog disalahgunakan dan menjadi suatu tindak kejahatan yang dilakukan oleh para pengguna internet yang tidak bertanggung jawab. Karena dalam blog tertera banyak sekali informasi-informasi seperti aktivitas pribadi dan pandangan-pandangan penulisnya tentang suatu topik disalahgunakan oleh para hacker, pencuri identitas, mata-mata dan lain sebagainya.  
Berjalannya zaman globalisasi yang sangat pesat seperti blogging ini, marilah kita sebagai generasi muda dapat memanfaatkan dan menggunakan fasilitas seperti ini dengan cerdas dan berorientasi ke hal-hal yang positif. Dengan terciptanya blog seperti ini dapat menjadikan seseorang lebih mengetahui lebih dalam tentang jurnalistik. Selain blog juga dapat menjadi suatu sarana pembelajaran seseorang dalam menuangkan ide-ide nya dalam bentuk tulisan, blog juga menjadi budaya populer di masa sekarang karena semua pengguna internet dapat dengan mudah dan cepat mengakses blog melalui dunia maya. 

              Oleh : Fenina Azalia

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai