PERKUAT SOFTSKILL MAHASIWA DENGAN PELATIHAN KOMPUTASI

                Himpunan Mahasiswa Kimia, HMK, dipelopori oleh Departemen Pendidikan dan Olahraga, PO, dalam program kerjanya di bidang Pendidikan, mengadakan pelatihan komputasi bagi mahasiswa kimia angkatan 2013. Bertempat di Ruang B203 dan B304, gedung B, Fakultas Sains dan Matematika, FSM, kegiatan pelatihan komputasi dilaksanakan dua kali untuk dua kelompok, pada sabtu (3/5) dan minggu (4/5).
               
Bekerjasama degan departemen Informasi dan Kominikasi BPHM, INFOKOM, pelatihan dimulai degan pembukaan ketua BPHMK, Muhammad Badrul Huda, dilanjutkan dengan sambutan pembimbing HMK, Purbowatiningrum. Pembelajaran komputasi di bagi menjadi dua sesi yaitu pengenalan linux dan docking oleh Sesilia Dyah N, Salah satu mahasiswa tingkat akhir kimia fisik, dan virtualisasi oleh Bani Amanullah  dan Bungaran M David yang juga mahasiswa tingkat akhir kimia fisik.
                “ Pelatihan Komputasi ini dilaksanakan dengan tujuan supaya mahasiswa kimia terampil dalam komputasi dan perkembangan teknologi”, ujar Hanif Amirulhakim, selaku ketua pelaksana komputasi.  Kegiatan pembelajaran nampak sangat diperhatikan oleh peserta  yang mengikuti, walaupun sebagian besar peserta masih asing dengan materi yang disampaikan dalam pelatihan. “ Materi pelatihan komputasinya menarik tapi sedikit memusingkan”, ujar Huda, salah satu peserta pelatihan komputasi.
                “walapun penginstalan software program-program yang di pelatihan telat, seperti Chem Draw, Dock, Pyton, Pymol, Gaussian, dan lain-lain, namun pelatihan komputasi tetap dilaksanakan cukup lancar dengan baik”, tambah Huda. Pelatihan komputasi yang ditujukan kepada angkatan termuda di jurusan kimia berjalan cukup lancar, walaupun terdapat sedikit kendala dalam pelaksaan kegiatan namun dari panitia pelaksana dapat mengendalikan situasi. “ Pesertanya banyak yang belum siap, pematerinya cepat dalam penyampaian jadi sedikit kurang paham dan dimengerti “, ungakap Huda dalam menanggapi kondisi pelatihan.
                “ Semoga dengan adanya pelatihan komputasi ini, mahasiswa kimia dapat memahami kemajuan IPTEK, selain itu para peserta juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat mengenai pelatihan komputasi penunjang ilmu kimia”, ungkap Hanif selaku ketua pelaksana dalam harapannya akan acara pelatihan komputasi. Dengan adanya program kerja dari BPHMK yang turut menunjang hardskill dan softskill mahasiswa layaklah diapresiasikan dengan adanya apresiasi dari seluruh elemen jurusan kimia sehingga tetap meningkatkan kualitas mahasiwanya.


by : Queen_foe

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mading Elektronik Polimer / Template by : Urang-kurai